Kesurupan, Logis atau Mistis? Part I (Kisah Nyata)

when adiw talks, it's fun

Well, kalau mendengar kata kesurupan atau Trance seringkali otak kita akan berpikir tentang seseorang yang tubuhnya sedang dikuasai atau dimasuki oleh jin dan sejenisnya.  Secara logis hal ini sulit dijelaskan, karena berhubungan dengan ketidak sadaran seseorang atas perilaku dirinya dalam suatu waktu.

Dalam dunia kedokteran, kesurupan termasuk dalam gangguan jiwa ringan atau neurotik. Kondisi ini dipercaya dapat menular ke orang lain. Biasanya seseorang yang mengalami kesurupan menunjukan beberapa gejala. Menurut seorang psikiatri, Dr Prianto Djatmiko, SpKJ, tanda-tanda yang muncul biasanya berupa keluhan-keluhan ringan, seperti pusing, keringat dingin, jantung berdebar, tubuh terasa lemas, pingsan beberapa saat, dan meronta ketika bangun.

Namun, tiap orang bisa saja menunjukkan gejala yang berbeda. Ada yang tidak merasa pusing dan lemas, tapi merasa tak tenang dan gelisah. Singkat kata, gejala yang muncul merupakan tanda terjadinya perubahan perilaku yang membuat seseorang menjadi nampak aneh.

Lihat pos aslinya 503 kata lagi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s