Pertanyakan Merokok HAM?

Bang Hamas: Himajinator

Merokok banyak merugikan kesehatan, namun larangan merokok banyak ditolak dengan alasan merokok adalah Hak Asasi Manusia (HAM). Terkait kontroversi ini, Ketua Komisi Nasional (Komnas) HAM menegaskan bahwa merokok tidak termasuk HAM.

Ketua Komnas HAM Ifdal Kasim mengatakan, suatu hak disebut asasi jika tanpa hak tersebut derajat dan martabat manusia berkurang. Jika sifatnya hanya tambahan dan jika dihilangkan tidak mengurangi martabat seseorang sebagai manusia, maka hak itu tidak dikategorikan sebagai HAM.

Sebagai contoh, Ifdal mengatakan bahwa International Humah Right Law mengatur hak hidup sebagai hak asasi. Pasalnya ketika seseorang dibunuh, dihilangkan dan dirampok kebebasan ekspresinya maka esensinya sebagai manusia akan hilang dan ia tidak dihargai sebagai manusia.

“Ya itu (merokok) bisa dikatakan hak, tapi cuma complimentary. Rokok bukan bagian dari basic karena tanpa rokok seseorang tetap punya harkat dan martabat sebagai manusia. Bahkan kesehatannya lebih terjamin,” kata Ifdal dalam audiensi dengan Muhammadiyah dan Pegiat Pengendalian Tembakau Indonesia di Kantor Komnas HAM…

Lihat pos aslinya 122 kata lagi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s