Surat Terbuka Kepada Bapak Menteri Pendidikan Atas Pelaksanaan Ujian Nasional 2013

Kasman Singadimedja

Selamat siang, pak.. Apa kabar? Semoga keadaan Bapak senantiasa baik dan bersemangat membenahi pendidikan di Indonesia. Namun ada beberapa hal yang perlu saya sampaikan terkait Ujian Nasional tahun 2013 yang sudah berjalan 3 hari ini…

Jauh hari sebelum pelaksanaan Ujian Nasional ini saya sudah resah. Ternyata apa yang saya khawatirkan terjadi juga. Saya adalah salah satu orang yang kecewa dengan kinerja Bapak selaku Menteri Pendidikan dalam penyelenggaraan Ujian Nasional 2013 ini. Saya adalah salah satu orang yang tidak setuju dengan pelaksanaan UN sebagai bahan evaluasi akhir bagi siswa. Setiap anak tentu memiliki kemampuan dan bakat yang berbeda dan itu tidak masuk akal jika dievaluasi dengan (hanya) beberapa mata pelajaran. Lebih parah lagi, hasil UN ini menentukan hasil kelulusan siswa. Banyak siswa yang merasa stres dan sangat ketakutan akan pelaksanaan UN ini.

Pelaksanaan UN yang cenderung dipaksakan mengakibatkan kecurangan sistematis oleh Dinas Pendidikan, Kepala Sekolah, Guru atau pun Siswa. Bahkan di…

Lihat pos aslinya 921 kata lagi

Tinggalkan Balasan

